Menantu Wiranto Seorang Ikhwan?

Unsual. Tidak biasa. Itulah kesan saya saat pertama kali melihat keluarga Cawapres Wiranto di Trans 7. Cucu-cucunya lucu-lucu. Istrinya, Uga Wiranto, samalah seperti yang biasa saya lihat di TV. Tapi mantunya? Ah, masa sih mantunya Wiranto seorang ikhwan?

Tanpa berniat mengecilkan arti kata “ikhwan”, tapi gaya mantunya Jenderal Wiranto itu ikhwan banget. Hmm… gimana ya mengungkapkannya?

Maksud saya, gaya si mantu yang bernama Abdi Setiawan Effendi itu mirip ama gaya-gaya anak musholla. Well, paling tidak gaya berbusananya mirip ama kader-kader PKS. Hehehe…

Maksud saya lagi:
Pakai baju koko, peci arab, celana panjang ngatung, janggut, dan lengkap dengan dua lingkaran hitam di jidat (yang konon katanya sih kalau orang kebanyakan sholat jidatnya bisa item-item kayak gitu). Hihihi…

Di blog Uga Wiranto, ada sebuah artikel terbitan Tempo (7 Juli 2004) yang menyoroti kalau suami dari Amalia Sianti itu disebut-sebut anggota PKS.

[Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini hanya terbahak kecil sambil angkat bahu waktu menjawab selentingan kabar tentang gerakan Lia menggali dukungan kampanye Wiranto ke kantong-kantong komunitas dirinya dan suaminya yang disebut-sebut anggota Partai Keadilan Sejahtera.
"Kok bisa ya begitu?" tanyanya pendek. "Begini deh, saya memang menikah dengan suami saya Mas Abdi Setiawan Effendi. Dia kawan lama saya sejak di SMU 70 dan di kampus UI dulu. Setelah menikah saya pakai jilbab dan suami memang berpenampilan seperti santri. Tapi kenapa sih selalu dikaitkan begitu. Pokoknya saya no comment."]

Lalu, salahkah Wiranto kalau bermenantukan seorang ikhwan?

Tentu tidak lah yaw… Cuma menurut saya itu di luar kebiasaaan aja.
Begini lho.. ada kebiasaan di dunia militer, kalau bapaknya TNI, ya anak-anaknya biasanya juga ada yang anggota TNI. Atau, paling banter kalau anaknya cewek semua dan nggak tertarik masuk TNI, ya si bapak bakal cariin suami buat anak-anaknya itu dari anggota TNI juga.

Contoh gampangnya ya keluarga Letjen (purn) Sarwo Edi Wibowo. Mertuanya SBY itu kan punya tiga anak perempuan yang semuanya dikawinin ama anggota TNI. SBY ama Bu Ani, Wirahasti Cendrawasih nikah ama Letjen TNI Erwin Sudjono, Mastuti Rahayu nikah ama Kolonel (purn) Hadi Utomo.

Contoh lainnya: Prabowo (mantu Alm. Soeharto), Ryamizard Ryacudu (mantunya Try Sutrisno), Agum Gumelar (mantunya Jenderal (purn) Achmad Tahir)

See?
Berarti kalau urusan mencari mantu, Pak Win nggak mau ikut-ikutan dengan tradisi militer. Ah, lagian kan semua manusia sama kan pak? Yang penting sayang sama anak bapak dan bertanggungjawab.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

