Partai Sayang Rakyat

Sebenarnya ini adalah cerita lama tentang bagaimana sebuah partai kecil dapat berubah menjadi partai besar dan diperhitungkan dalam perpolitikan Indonesia. Yah bisa dibilang partai ini berubah dari zero to hero hanya dalam dua kali pemilu.

Siang itu di pada tahun 2004, gue lagi ada di senayan. Waktu itu ada kampanye PKS. Biasanya waktu kampanye ribuan orang berkumpul disana dengan naik motor, metro mini, mobil pribadi dan truk kesana. Mereka menyemut disana.


Tapi partai yang satu ini rada beda dengan yang lainnya. Soalnya kalau orang kampanye dan mau datang panas-panas ke Senyan biasanya cuma pengen liat dangdutan, artis atau paling pengen dapet duit. Tapi kalau ditanya kenapa mereka ikut kampanye kebanyakan mereka kebingungan ngejawabnya. Paing cuma pengen kenalan sama cewe atau ikut-ikutan teman.

Tapi di kampanye partai ini ga ada dangdutan. Ga ada artis yang ngebor atau goyang patah-patah di panggung. Paling juga orang nyanyi nasyid atau kesenian marawis. Yang dateng juga kebanyakan ibu-ibu yang bawa anaknya. Jadi ngapain mereka ikut kampaye?

Iseng gue tanya sama seorang bapak yang ikut bersama isterinya dengan anaknya kampanye naik motor.

“Pak kok ikut kampanye partai ini sih, emang ga kerja hari ini?” Soalnya pas kampanye waktu itu bukan hari Minggu.

“Waktu itu partai ini membantu saya waktu rumah saya kebanjiran, jadi saya keluarga sepakat untuk libur dan ikut kampanye partai ini,” kata bapak itu.

Kaget juga sih deger jawaban kaya gitu, soalnya biasanya orang ikutan kampanye dengan alasan yang ga jelas. Tapi bapak itu beda banget. Alasanya jelas ga cuman ikut-ikutan orang atau pengen dapet uang. Memang waktu itu memang Jakarta perenah dilanda banjir besar yang menengelamkan sebagia besar kota ini dan PKS adalah partai yang paling giat menolong warga.

Ternyata benar juga PKS yang pada tahun 1999 pendukungnya ga seberapa, tapi pada tahun 2004 berubah menjadi partai besar. Ini semua dicapai bukan karena iklan gede-gedean di TV, radio atau koran tapi karena partai ini menolong warga dan simpatisannya.

Gue sendiri sih bukan pendukung partai ini, dan apa yang ditulis disini cuma mau menunjukan kalau menolong korban banjir, menolong warga yang kesusahan nyari makan bakalan lebih efektif dari iklan-iklan di koran dan TV.

Tentu aja cara PKS ini juga bisa dipakai buat partai-partai baru dan partai gurem untuk membesarkan partai mereka. intinya sederhana cuma menjadi partai yang sayang rakyat dan bukan ngibulin rakyat, itu saja.

*N

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: