Tantangan Paul Wolfowitz untuk Gus Dur

Tau nggak apa tantangan utama Gus Dur kala ia masih menjabat presiden negare kite tercinte?

Dulu, mantan Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz pernah bilang ke Alwi Shihab (waktu itu menjabat sebagai Menlu), bahwa tantangan Gus Dur yang paling utama adalah bagaimana beliau dapat berpikir, berucap, dan bertindak sebagai Presiden Republik Indonesia. Dan… Bukan lagi berpikir, berucap, dan bertindak sebagai Kiai tersohor atau komentator yang cerdik.

Secara ya bow… waktu Gus Dur jadi presiden kan dia beken banget ama ucapan: Gitu aja kok repot. Nah, itu kali ya maksud si Paul.

Kalau sekarang harusnya Gus Dur berpikir, berucap, dan bertindak sebagai apa ya? Kiai atau pemimpin PKB? Atau sebagai golput juga boleh… hehehe…

Ucapan Paul itu, lagi-lagi saya kutip dari buku Dino ‘Harus Bisa!’Seni Memimpin ala SBY. Di buku itu sih dia bilang kalau semua orang—apapun pendidikannya—dapat menjadi pemimpin. Namun begitu menjadi pemimpin, ia harus bisa beradaptasi terhadap tuntutan tugas barunya. Lalu, bagaimana pendapat Dino tentang SBY? Ya pasti bilang kalau SBY bisalah. Yah… secara ama bos sendiri gitu lho..

ps: gambar diambil dari gusdur.net

4 responses

  1. Paling tidak bisa memimpin diri kita sendiri atau memimpin rumah tangga😛
    Memimpin negara? Apalagi yang namanya Indonesia?
    Wah, sulit amat. Karena terlalu banyak tikus ketimbang jebakannya. Apalagi yang bikin jebakan, ya para tikus itu……

  2. o…….ya?

  3. Gus Dur??? Kamupungan!
    Pemikirannya paling bodoh sepanjang masa!

    Salam,
    Anti Gus Dur

  4. Keren ya fotonya
    jadi mirip Rabi😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: