Antara Golput dan Tidak Golput

Bingung tentukan pilihan? Percayalah kamu tidak sendiri, ada banyak sekali pemilih yang nantinya bingung pada Pemilu 2009. Bahkan, survei Lingkar Survei Indonesia (LSI) terakhir (berdasarkan omongan Saiful Mujani di Today’s Dialogue kemarin malam), ada 30 persen responden yang belum tentukan pilihannya. Mereka inilah yang berpotensi jadi swing voters.

Inginnya sih milih, tapi apa daya calon yang ada tidak memuaskan dan terpaksalah golput. Dengar saja pengakuan Yosi Project Pop waktu gosippemilu temui di acara Lights On 2008, 27 Juni di Monas.

“Pemilu lalu saya golput, pemilu tahun depan bisa aja golput lagi, tergantung kandidatnya. Tapi gue mau aja sih milih,” kata Yosi yang ternyata kulitnya putih banget.

Kalau bicara tentang pilihan presiden, Yosi mengaku sedikit idealis dalam menyeleksi. “Tahun depan gak tahu deh ada atau tidak calon yang bagus, yang jelas gue ngeliat individunya dulu baru partainya.”

Kenapa?
Soalnya penggemar olahraga basket ini ngeliat kalau banyak politikus yang tidak konsisten dan selalu lupa memprioritaskan rakyat. Nggak heran kalau Yossie mau milih nyari calon yang emang konsisten membela kepentingan rakyat banyak.

Trus, udah ada belum ya capres yang kayak gitu? “Belum lihat sih, habisan belum ada juga yang kayaknya melakukan sesuatu.”

Mirip-mirip dengan Yosi, Melanie Soebono sih katanya tahun ini pasti milih. Tapiiiiii….

“Gue udah nggak ngerti deh milih di sini kayak gimana lagi. Gue sih milih asal-asalan aja. Kalau golput takutnya nanti malah kartu suara gue malah dimanfaatin orang,” kata putri sulung dari Bos Java Musikondo ini.

Hmmm.. Kayaknya Melanie ini nggak golput tapi mah sebenernya golput juga.

Yang pasti, tentang tokoh muda atau tua, kata dia, “Tua itu pasti, dewasa itu pilihan. Banyak juga kok anak muda belasan tahun yang udah dewasa, gue banyak nemuin kayak gitu.”

Oke deh Mel.. Itu sih saya juga setuju.

Anyway, kok masih pada bingung ya kalau ditanya tokoh muda yang potensial buat jadi capres. Survei LSI juga bilang gitu sih. Kata Saiful Mujani di Metro TV, ada 75 persen responden yang menginginkan tokoh muda. Tapi kalau ditanya siapa, ya masih pada bingung. Ah sante aja kalee.. Masih banyak waktu buat mikir dan milih-milih kok…

ps: foto dari tabloid-wanita-indonesia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: