Parpol Berebut Nomor Urut Cantik

Akhirnya! Setelah melewati proses verifikasi administrasi dan fatktual, 34 partai politik akan berlaga pada Pemilu tahun depan. Semalam mereka udah pada ngambil nomor urut di KPU.

Btw, kemarin saya juga sempat ngegosip ama seorang teman yang ngepos di KPU tentang proses pengambilan nomor urut ini. Ternyata, parpol kita, juga percaya lho kalau ada nomor-nomor tertentu yang disebut nomor cantik. Halah.. kok kayak pedagang kartu perdana ponsel di Roxy ya…

Ternyata, eh, ternyata nggak di roxy nggak di KPU, orang-orang pada demen tuh ama nomor 9 (sembilan) dan 8 (delapan). Kalo di Roxy angka itu dianggap membawa keberuntungan, kalo parpol kita (kata teman saya tadi) mau nmr itu karena pemilunya tahun 2009 dan sekarang tahun 2008. Set dah… nggak penting amat ya..

Tapi, kata teman saya lagi, ada lho orang parpol yang datang ngelobi ke KPU buat nomor itu doang. Ck..ck…ck..

Trus, selain itu, yang rame direbutin tuh nomor yang berulang misalnya 11, 22, dan 33. Lalu, nomor urut mereka di Pemilu 2004 dan nomor yang satu biji doang, which is 1-9.

“Halah, penting ya? kayak ada aja yang inget nomor mereka tahun kemarin,” kata saya.

“Inget dong. Gue aja inget, tapi nomor parpol besar doang,” kata teman saya.

“Yeeee.. Yang penting mah gimana lo ngasih inget orang buat nyoblos moncong putih, bukan coblos nomornya. Jago emang tuh konsultannya PDIP nyari kata-kata,” jawab saya lagi..

Buat yang mau tau nomor urut parpol peserta Pemilu 2009, nih urutannya:

1. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

2. Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB)

3. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI)

4. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)

5. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

6. Partai Barisan Nasional (Barnas)

7. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)

8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

9. Partai Amanat Nasional (PAN)

10. Partai Perjuangan Indonesia Baru (PPIB)

11. Partai Kedaulatan

12. Partai Persatuan Daerah
(PPD)

13. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

14. Partai Pemuda Indonesia (PPI)

15. Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenis

16. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)

17. Partai Karya Perjuangan (PKP)

18. Partai Matahari Bangsa (PMB)

19. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI)

20. Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK)

21. Partai Republika Nusantara (PRN)

22. Partai Pelopor

23. Partai Golkar

24. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

25. Partai Damai Sejahtera (PDS)

26. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (PNBKI)

27. Partai Bulan Bintang (PBB)

28. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)

29. Partai Bintang Reformasi (PBR)

30. Partai Patriot

31. Partai Demokrat

32. Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI)

33. Partai Indonesia Sejahtea (PIS)

34. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU)

6 responses

  1. Saudaraku sebangsa dan setanah air semua🙂

    Saya lihat PKS begitu tenang, elegan, anggun dan tampak siap dalam Pemilu 2009 dengan “bermain cantik”

    Disaat partai lain “menjual diri” nama partai maupun “pengagungan tokohnya” PKS tampak menyendiri…

    Disaat partai lain “berdagang kemiskinan”, “berdagang romantisme masa lalu”, berdagang artis”, “berdagang tokoh muda”, PKS tetap teduh dihati saya…

    Setidaknya itulah yang saya rasakan, kali ini saya ingin menjadi pemilih cerdas. titik.

  2. Kl milih salah satu partai politik itu hak kita masing-masing, mo PKS, HANURA, PDIP atau yg lainkan itu hak masing-masing….yg mo saya ingatkan kita hrs cermat dalam memilih yang kita perlukan saat ini bukan janji-janji palsu tp bukti, kl menurutku semua PARPOL itu sama aja…..hanya namanya aja yg beda tp tingkah laku dan sifat sama aja (pendapat aku lho..)

  3. Mending pilih PKS aja deh, dari pada jadi Golput. Se’nggaknya udah berani nentuin pilihan. Bukan cuek terhadap nasib bangsa dengan menjadi golput. Walaupun saya bukan simpatisan PKS tetapi saya tetap salut sama pergerakan temen-temen di PKS.

    Kita rakyat Indonesia harus tetep bersatu. Walau berbeda partai, walau berbeda pandangan terhadap pemilihan umum, kita masi melihat ada usaha yang sama untuk memajukan bangsa ini.

    Kritikan sifatnya harus membangun, bukan kritikan yang selalu memojokan dan membuat keadaan semakin membingunkan.

  4. Bukannya sok mau memuji PKS ya, tapi saya sebagai orang awam mau mencoba bersikap objektif aja dan menjadi pemilih yang cerdas!

    Saya amati PKS itu elegan sekali cara berpolitiknya! SUMPAH DEH waktu saya liat mereka lagi apel siaga kader BIKIN SAYA MERINDING! Apalagi lagu2nya mars PKS, bikin saya pengen nangis!

    Saya sempet nulis di handphone penggalan liriknya! Bikin terenyuk dan merinding!

    “Kami sadari jalan ini kan penuh onak dan duri,
    Aral melintang dan kedzaliman yang akan kami hadapi…”

    “Kibarkan tinggi panji Allah bangun Indonesia penuh berkah, bangun Indonesia penuh berkah!”

    Supah bikin saya merinding dan mau nangis, apalagi mereka nyanyiinnya patriotik dan gagah gitu,

    Kesan saya buat mereka, “reformis sejati!”

  5. Pilih sesuai hati nurani aja! Manusia Indonesia harus cerdas, jangan terpengaruh dengan ajakan apalagi pake money politics atau dangdutan!

    Udah gak jaman kampanye yang membodohi masyarakat!

    Jadi pengen comment soal PKS dikit, oke slogan mereka tuh kan Bersih, Peduli, Profesional.

    Saya amati kalao Bersih oke lah, dapet nilai 8. Terus peduli juga oke lah hampir semua orang saya pikir tau, dapet nilai 8.5.

    Tapi kalo profesional saya masih ragu juga nih, nilai 6 boleh buat PKS.

    Cuman, kalau ibaratnya semua partai buruk, saya akan pilih yang buruknya paling sedikit aja! Pokoknya anti golput lah!

  6. Apapun partai pilihan Anda,
    saya yakin manusia Indonesia sudah cerdas dan melek politik…

    Mungkin sepuluh tahun kebelakang bahkan di era Orba, kita larut dalam antrian kebodohan sosial.

    Kampanye hingar-bingar, dangdutan, bagi-bagi duit, acara pengajian yang salah niat malah jadi ajang money politics, astaghfirullah…

    Mari semua, kita keluar dari “antrian kebodohan sosial” itu! Kita ini manusia independen yang cerdas, pilihlah sesuai hati nurani kita! Kita harus objektif, pilih yang terbaik terserah kalian!

    Jangan golput karena tidak solusi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: