Tag Archives: parpol

PD Dekati PDIP, PKS Protes

Kedekatan PD demokrat dengan PDIP membuat PKS protes.
PKS merasa gerah jika PD beroalisi dengan PDIP. Heran juga kedua sih PD dan PDIP bisa dekat, padahal kan sebelumnya selalu berseteru
Continue reading →

Dijual: Kaos Anti Caleg Artis

dsc031782

Bete ama artis yang nyaleg?

Gosippemilu sediakan kaosnya! Continue reading →

Demokrasi Parlementer Telah Gagal

Kamis kemarin, saya sempat mendengarkan orasi ilmiah wartawan senior Goenawan Muhammad di acara Memoriam Lecture Nurcholis Madjid. Meski awalnya males banget liputan acara itu, secara hujan dan malam, tapi ternyat mencerahkan juga.

Goenawan membuka orasinya dengan mengatakan bahwa demokrasi, utamanya demokrasi parlementer, telah mengecewakan banyak orang.

“Bahkan demokrasi yang ditemukan pada tahun 1999 ternyata juga mengecewakan,” tegasnya.

Rupanya, kebimbangan dan kekecewaan pada demokrasi parlmenter punya sejarah yang panjang. “Sekarang, lihat anggota DPR terima suap, legislasi dijalankan tidak penuh karena ada permainan politik yang mengabaikan keadilan,” ucapnya. Continue reading →

Capres Dari Luar Golkar Hanya SBY

Golkar telah menutup kemungkinan koalisi dengan calon presiden dari luar selain SBY, dan itu bisa jadi membuat partai yang mau menggandeng Golkar patah hati.

“Namanya orang luar yang bisa masuk itu cuma satu, SBY. Orang luar selain SBY tidak mungkin masuk di Golkar. Itu saja. Itu suatu eksepsi,” ujar Muladi, Ketua DPP Bidang Hukum, HAM dan Otonomi Daerah Golkar Muladi di sela-sela hari kedua Rapimnas Golkar di JCC, Sabtu (18/10). Continue reading →

Caleg Artis= Caleg Akting

 

Katanya, dunia ini panggung sandiwara. Dalam penyebutan dunia politik, seringkali digunakan kata ‘panggung politik’.

Bagaimana kalau pangungg sandiwara itu diisi oleh orang-orang yang memang jago bersandiwara. inilah hasilnya:

Continue reading →

Black Campaign untuk Jatuhkan Megawati

Malam kemarin, seorang teman memaparkan pandangannya tentang isu-isu partai politik. Dan kata dia, black campaign sudah mulai sejak jauh-jauh hari.

Teman tadi berpendapat kalau ternyata isu LNG Tangguh, Max Moein, dan Agus Condro, dibuat untuk mendeskreditkan Megawati dan PDIP. Isu-isu tersebut dibuat oleh para saingan PDIP, yakni Golkar dan Partai Demokrat. Continue reading →

Mallarangeng Bersaudara Pecah?

Mallarangeng Brothers kini berada di garis depan kancah politik nasional. Sebut saja Andi Mallarangeng yang jadi Juru Bicara Presiden SBY sekaligus salah satu ketua Partai Demokrat (PD). Lalu adik Andi, Rizal Mallarangeng maju mencapreskan diri. Ada gosip Mallarangeng brothers retak. Apa iya?

Kabar retaknya Mallarangeng Brothers bertiup kencang setelah Cheli, begitu Rizal biasa dipanggil, maju menjadi capres. Kengototan Cheli ingin menjadi RI-1 itu disebut-sebut sebagai biang keroknya.Apalagi, kemudian kontrak iklan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir (SB) dengan Fox Indonesia diputus begitu saja. Fox Indonesia ini adalah perusahaan konsultan politik yang dikelola Mallarangeng Brothers. Continue reading →

Partai Baru Terburu-buru

Namanya juga partai baru, pastilah semuanya serba disiapkan mendadak.

Minggu kemarin, saya kebagian tugas menulis profil parpol PPPI (Partai Pengusahan dan Pekerja Indonesia). Dan jadilah saya main-main ke markas mereka di jalan Imam Bonjol nomor 44, tepatnya depan kantor KPU Pusat. Sebelumnya, saya sudah sempat menelepon Ketua Umum PPPI, Daniel Hutapea. Sayangnya pas sudah sampai sana, Daniel yang waktu itu kebetulan ketemu di Garasi menolak di wawancarai dan menyuruh saya bertemu Sekjennya Rudy Prayinto di lantai empat.

Dan saya pun naik tangga ke lantai empat. Bukan lewat pintu utama ataupun ruang tengah, tapi lewat dapur. Di lantai dua ketemu ruangan bersekat-sekat (kayaknya berfungsi sebagai kantor), di lantai tiga ketemu dapur lagi, dan di lantai empat ketemu kantor lagi.
Continue reading →

PPPI Optimis Hapuskan Outsourcing

SEBAGAI pendatang baru dalam Pemilihan Umum 2009, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) optimistis akan meraup banyak suara kaum buruh, pekerja, dan pengusaha. Bahkan, Sekretaris Jenderal PPPI Rudy Prayitno yakin anggota serikat pekerja dan buruh akan bersatu memenangkan PPPI.
“Jumlah pekerja dan pengusaha di seluruh Indonesia ada 150 juta orang. Kalau yang terdaftar sebagai anggota serikat buruh ada 25 juta orang. Dengan mereka saja, PPPI sudah bisa mencapai suara hingga satu fraksi,” ucap Rudy saat ditemui Gosippemilu, Kamis (21/8) di kantor Dewan Pengurus Pusat PPPI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Continue reading →

SMS Kampanye Mulai Bertebaran

SMS Kampanye Mulai Bertebaran

Kampaye pemilu mulai memanas, bukan cuma jual image dengan iklan TV atau
adu banyak-banyakan bendera parpol, sekarang sms juga dijadikan ajang
untuk kampanye.

Pada 13 Agustus 2008 sekitar pukul 11.37 WIB sebuah SMS mampir ke HP
gosippemilu. Isinya sebuah pantun ajakan untuk meilih partai tertentu. sms
ini dikirim dari nomor HP 08137865**** Begini nih isinya :
Continue reading →

Polling: Bagaimana PKB Tanpa Gus Dur?

Gus Dur selama ini diidentikkan sebagai tokoh sentral di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bagaimana menurut anda nasib PKB tanpa Gus Dur?
Continue reading →

Caleg Jalur Khusus

Ternyata, jalur khusus nggak hanya ada di tes masuk perguruan tinggi. Beberapa calon anggota legislatif juga mendapatkan keistimewaan karena babe atau nyaknya orang kuat di partai.

Contoh yang paling jelas adalah dicalonkannya Ibas (a.k.a. Edi Bhaskoro), putra kedua SBY, sebagai caleg Demokrat untuk wilayah Jakarta Timur. Ibas, yang juga setia dengan potongan rambut belah pinggir ini, udah dipercayakan memimpin Departemen Kaderisasi Pengurus Partai demokrat.
Continue reading →

Abi Si Pemuda Bali yang Muak dengan PDI-P

PDI-P menang mutlak dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali. Selama dua hari pertama saya di Bali, setiap orang yang saya tanyai tentang pilihannya di Pilkada kemarin, selalu menjawab PDI-P (Mangku Pastika dan Puspayoga). Wajar aja sih secara suaranya 50 persen lebih.

Tapi rupanya Abi, teman kuliah saya di Unpad dulu, punya pilihan yang beda. Dia memilih I Gede Winasa yang juga adalah Bupati Jembrana.

“Lah? Kok nggak milih PDI-P, Bi?” tanya saya penasaran.

“Muak gue ama PDIP, mereka terlalu lama berkuasa di Bali dan jadi seenaknya sendiri. Gue kan banyak berhubungan ama orang-orang, Kot. Jadi gue tahu banget kader-kadernya itu kayak gimana,” kata Abi yang juga bertanggung jawab pada promosi dan pemasaran sebuah provider telepon seluler. Continue reading →

Jelang Pemilu 2009: Mendbudpar Ajak Kembangkan Wisata Politik

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengajak berbagai pihak untuk menjadikan Pemilu 2009 sebagai peluang mengembangkan kepariwisataan.

“Menyongsong pemilu mendatang mari kita kembangkan `wisata poltik`. Menjaring tamu kalangan parpol yang keliling ke daerah-daerah,” katanya di Pura Meduwe Karang, Buleleng, Bali.

Disebutkan bahwa menyongsong Pemilu 2009, akan banyak pimpinan dan pengurus parpol maupun para pendukungnya yang melakukan penggalangan massa maupun pembinaan kader ke daerah-daerah.

“Banyak sekali orang parpol yang akan keliling ke berbagi daerah. Ini bisa menambah tamu hotel, restoran dan juga bisa ditarik meramaikan obyek wisata,” katanya. Continue reading →

Parpol Berebut Nomor Urut Cantik

Akhirnya! Setelah melewati proses verifikasi administrasi dan fatktual, 34 partai politik akan berlaga pada Pemilu tahun depan. Semalam mereka udah pada ngambil nomor urut di KPU.

Btw, kemarin saya juga sempat ngegosip ama seorang teman yang ngepos di KPU tentang proses pengambilan nomor urut ini. Ternyata, parpol kita, juga percaya lho kalau ada nomor-nomor tertentu yang disebut nomor cantik. Halah.. kok kayak pedagang kartu perdana ponsel di Roxy ya…

Ternyata, eh, ternyata nggak di roxy nggak di KPU, orang-orang pada demen tuh ama nomor 9 (sembilan) dan 8 (delapan). Kalo di Roxy angka itu dianggap membawa keberuntungan, kalo parpol kita (kata teman saya tadi) mau nmr itu karena pemilunya tahun 2009 dan sekarang tahun 2008. Set dah… nggak penting amat ya..

Tapi, kata teman saya lagi, ada lho orang parpol yang datang ngelobi ke KPU buat nomor itu doang. Ck..ck…ck..

Trus, selain itu, yang rame direbutin tuh nomor yang berulang misalnya 11, 22, dan 33. Lalu, nomor urut mereka di Pemilu 2004 dan nomor yang satu biji doang, which is 1-9.

“Halah, penting ya? kayak ada aja yang inget nomor mereka tahun kemarin,” kata saya.

“Inget dong. Gue aja inget, tapi nomor parpol besar doang,” kata teman saya.

“Yeeee.. Yang penting mah gimana lo ngasih inget orang buat nyoblos moncong putih, bukan coblos nomornya. Jago emang tuh konsultannya PDIP nyari kata-kata,” jawab saya lagi..

Buat yang mau tau nomor urut parpol peserta Pemilu 2009, nih urutannya: Continue reading →