Kamus Pemilu

apa sih Golput ?, apa sih black campain ?, apa sih serangan fajar ?. Pertanyaa-pertanyaan ini masih sering terdengar. Untuk itulah gosippemilu membuat kamus pemilu, yang isinya berupa istilah-istilah yang sering digunakan pada saat pemilu.

Golongan Putih : Istilah kerennya Golput, kelompok ini adalah masyarakat yang ogah nyoblos pada saat pemilu nanti. Mereka percaya kalau pemilu tidak ada manfaatnya cuma bakalan memunculkan politisi busuk yang doyang perempuan sama korupsi. Tapi ada juga orang jadi golput karena ga terdaftar jadi pemilih gara-gara sistem pendataan pemilih yang buruk

Black Campain : Istilah ini cukup populer, dan dapat diartikan sebagai menjatuhkan popularitas pesaing capres atau partai tertentu dengan isu-isu atau gosip tertentu.

Seragan fajar : ini adalah bagi-bagi uang pada pemilih pada saat pemilu di gelar. Operasi ini dilancarkan pada saat fajar menyingsing di pagi hari. pemilih dikasih ‘sarapan’ uang dengan harapan mau memilih partai atau capres tertentu. Istilah ini ngetren waktu Indonesia masih di zaman kegelapan pada masa orde baru.

Character assassination: Istilah ini hampir sama denan black campain. secara harfiah bisa diartikan pembunuhan karakter. Yah kalau bahasa sederhanaya sih salin ejek sesama kontestan lah. Saat pemilu 2004 Wiranto sebagai capres sering menggunakan istilah ini untuk menangkis serang HAM yang dialamatkan kepadanya.

Money Politic: isitilah ini dapat diartikan sebagai politik uang. Tapi maknanya cukup luas, artinya gimana uang digunakan untuk memenangkan pemilu. Tapi istilah ini bukan cuma masalah bagi-bagi uang untuk masyarakat, namun bisa juga menyangkut duit korupsi yang digunakan untuk kampanye

Calon anggota legislatif (Caleg) : ini adalah orang-orang yan diusulkan partai untuk menduduki kursi DPR untuk mewakili kita di parlemen. Nama orang-orang ini nanti muncul di kertas suara, terus kita tinggal memilihnya, Tapi janan asal pilih entar malah kepilih orang kaya Al Amin atau Bulyan Royan lagi yang berurusan dengan KPK.

Free Rider : Ini bisa dibilan sebagai kutu loncat artinya setiap pemilu ganti partai, pemilu 2004 di partai A lalu ngeliat partai yang B lebih gede dia loncat ke partai itu. biasanya orang kaya ini ngarep jadi caleg dengan bawa uang sekoper terus masuk ke partai lain minta jadi caleg.

Swing Voter : Istilah ini biasanya digunakan untuk masyarakat yang tidak menjadi pendukung partai atau simpatisan partai tertentu. Misalnya saja kita, kita tidak menjadi pendukung satu pun dari 34 partai yan berlaga nanti, toh akhirnya kita ikut memilih satu. ini bisa dikatakan kita adalah anggota swing voter.

Ghost Voter : Ini artinya orang yang tidak berhak nyoblos di pemilu tapi namanya tetap ada dan memiliki hak pilih. misalnya aja orang meninggal, anak di bawah umur atau yang sudah pindah rumah. kasus ghost voter ini banyak ditemukan karena masih lemahnya pendataan penduduk.

Incumbent: Istilah ini bisa diartikan, sebagai pejabat yang nyalon lagi untuk mendapatkan jabatan yang sama. Contohnya kalau nanti Presiden SBY maju lagi sebagai calon presiden maka SBY disebut sebagai Incumbent

Tempat Pemungutan Suara : biasanya disingkat dengan TPS, tempat dimana kita bisa mencoblos pada saat pemilu. Julmahnya bisa ribuan di seluruh indonesia. Pada TPS bisasanya didirin tenda ada bangku-bangku, kotak suara, petugas pemungutan suara dan saksi-saksi dari partai.

Daftar Pemilih Sementara: Biasanya disingkat dengan DPS, ini adalah nama-nama warga yang bisa ikut pemilu. Tapi data-data di dalam DPS ini masih bakalan diperbaharui dan akan dibuat Daftar Pemilih Tetap (DPT).  Kenapa harus dicek ulang, karena bisa saja dalam DPS ini ada warga yang telah wafat, pindah rumah atau masih dibawah umur tapi masuk jadi dafrar pemilih.

PS: kita akan perbaharui terus istilah-istilah di pemilu ini.

4 responses

  1. persetan dengan parpol…… ujung2nya korupsi

  2. Wah …. Keren juga yach istilahnya ……. mudah-mudahan tahun 2009 nggak banyak yang GOLPUT …….. dan Money Politik …….. Istilah yang lainnya tambahin dong …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: